Tutorial membuat animasi ini merupakan tugas terakhir pada
mata kuliah softskill “Desain Pemodelan Grafik”. Dalam tugas animasi ini saya
membuat bendera berlogo dan dapat berkibar. Logo itu sendiri telah saya buat
pada tugas sebelumnya. Berikut ini tahapan saya dalam membuat Bendera Berkibar
:
1.
Pertama kita buka dahulu software blendernya sehingga
muncul gambar seperti dibawah ini. Kemudian langsung saja kita enter, lalu akan
muncul tampilan awal yang terdapat Lamp untuk memberikan cahaya, Camera untuk
menyorot gambar yang kita buat, dan kubus. Kubus disini tidak akan kita pakai
sehingga akan kita hapus dengan menekan X.
2.
Lalu kita akan
menambahkan Plane sebagai object dasar dari bendera. Untuk menambahkannya klik
Add pada MenuBar dan pilih Mesh -> Plane atau kita juga bisa menggunakan
shortcut Shift+A.
3.
Setelah itu kita
lakukan Rotate terhadap sumbu Y sebesar 90 derajat. Kita bisa menggunakan
shorcut dengan menekan R(lepas), Y(lepas), dan ketikkan 90. Kemudian kita ubah
ke Edit Mode dengan menekan Tab.
4.
Kita bagi-bagi
bidang tersebut sesuai keinginan kita dengan menekan Ctrl+R dan mouse wheel.
Lakukan secara horizontal dan vertical.
5. Lalu
pilih 3 titik di ujung kiri klik Vertex Group lalu tambah dan ubah
namanya menjadi ikat lalu Assign. Hal ini bertujuan supaya nantinya jika kita
beri animasi, bagian ini tidak ikut bergerak / seperti terikat.
6. Kembalikan lagi menjadi Object Mode untuk menambahkan
Texture bendera. Untuk menambahkan tekstur, klik objek yang akan
kita tambahkan tekstur nya dengan cara klik Textures -> pilih
New -> pada Type pilih Image or Movie. Kemudian Open Image dan pilih
gambar yang kita iunginkan untuk dijadikan tekstur. Setelah itu kita lihat
hasilnya dengan Render (F12).
7. Pada
Physics kita atur Cloth-nya untuk mengaktifkan Object. Lalu ceklis pada Pinning
dan pilih ikat. Lalu pada tab Cloth Collision kita ceklis Self Collision-nya.
Untuk menambahkan anginnya, tekan Shift+A pilih Force Field lalu Wind.
8. Atur
Wind tersebut dengan merubah Strength dan Noise lalu tidak lupa kita juga
me-rotate-nya sebab arah dan kekuatan angin menentukan berkibarnya bendera. Setelah
itu kita Play dan kita lihat pergerakannya.
9.
Kemudian tambahkan tiang untuk benderanya dengan
menambahkan object berupa Cylinder.
10. Terakhir,
kita akan melihat hasil dari object yang kita buat dengan menggunakan Render
Image (F12).
Demikianlah
cara membuat bendera berlogo dan dapat berkibar. Semoga mudah dipahami dan berguna. Selamat
mencobaaaaa!
No comments:
Post a Comment