Monday, January 28, 2013

TUTORIAL MEMBUAT ANIMASI

Tutorial membuat animasi ini merupakan tugas terakhir pada mata kuliah softskill “Desain Pemodelan Grafik”. Dalam tugas animasi ini saya membuat bendera berlogo dan dapat berkibar. Logo itu sendiri telah saya buat pada tugas sebelumnya. Berikut ini tahapan saya dalam membuat Bendera Berkibar :

     1.      Pertama kita buka dahulu software blendernya sehingga muncul gambar seperti dibawah ini. Kemudian langsung saja kita enter, lalu akan muncul tampilan awal yang terdapat Lamp untuk memberikan cahaya, Camera untuk menyorot gambar yang kita buat, dan kubus. Kubus disini tidak akan kita pakai sehingga akan kita hapus dengan menekan X.


     2.      Lalu kita akan menambahkan Plane sebagai object dasar dari bendera. Untuk menambahkannya klik Add pada MenuBar dan pilih Mesh -> Plane atau kita juga bisa menggunakan shortcut Shift+A.


     3.      Setelah itu kita lakukan Rotate terhadap sumbu Y sebesar 90 derajat. Kita bisa menggunakan shorcut dengan menekan R(lepas), Y(lepas), dan ketikkan 90. Kemudian kita ubah ke Edit Mode dengan menekan Tab.


      4.      Kita bagi-bagi bidang tersebut sesuai keinginan kita dengan menekan Ctrl+R dan mouse wheel. Lakukan secara horizontal dan vertical.


      5.      Lalu pilih 3 titik di ujung kiri   klik Vertex Group lalu tambah dan ubah namanya menjadi ikat lalu Assign. Hal ini bertujuan supaya nantinya jika kita beri animasi, bagian ini tidak ikut bergerak / seperti  terikat.


    6.      Kembalikan lagi menjadi Object Mode untuk menambahkan Texture bendera. Untuk menambahkan tekstur, klik objek yang akan kita tambahkan tekstur nya dengan cara klik Textures -> pilih New -> pada Type pilih  Image or Movie. Kemudian Open Image dan pilih gambar yang kita iunginkan untuk dijadikan tekstur. Setelah itu kita lihat hasilnya dengan Render (F12).


     7.      Pada Physics kita atur Cloth-nya untuk mengaktifkan Object. Lalu ceklis pada Pinning dan pilih ikat. Lalu pada tab Cloth Collision kita ceklis Self Collision-nya. Untuk menambahkan anginnya, tekan Shift+A pilih Force Field lalu Wind. 


     8.      Atur Wind tersebut dengan merubah Strength dan Noise lalu tidak lupa kita juga me-rotate-nya sebab arah dan kekuatan angin menentukan berkibarnya bendera. Setelah itu kita Play dan kita lihat pergerakannya.


     9.      Kemudian tambahkan tiang untuk benderanya dengan menambahkan object berupa Cylinder.


     10.  Terakhir, kita akan melihat hasil dari object yang kita buat dengan menggunakan Render Image (F12).

  


Demikianlah cara membuat bendera berlogo dan dapat berkibar. Semoga mudah dipahami dan berguna. Selamat mencobaaaaa!

No comments:

Post a Comment