Monday, January 28, 2013

Gizi Seimbang



Sebelum masuk ke topik gue mau curhat dikit nih, boleh kan? Dulu sebelum gue memutuskan untuk kuliah ngambil jurusan IT, gue pengen banget loh masuk jurusan ilmu gizi tapi gatau kenapa bisa nyangsang di it hiks :’( eits sampai sekarang pun gue masih obses loh di gizi haha. Udahan ah ceritanya, jadi maluuu :”

Kenapa tiba-tiba gue mau ngebahas gizi? Soalnya tanggal 25 Januari lalu merupakan Hari Gizi Nasional. Nahloh ada yang tau gak tuh? haha

Oke, sebenarnya ada yang tau gak sih apa yang dimaksud gizi seimbang? Kalo ada yang belum tau, berikut ini penjelasannya :

Gizi Seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan memperhatikan empat prinsip. Keempat prinsip tersebut yaitu keanekaragaman / variasi makanan, aktivitas fisik, pola hidup sehat & pemantauan berat badan ideal. Ohya, sekarang tuh udah bukan jamannya lagi istilah 4 sehat 5 sempurna, karena sekarang sudah digunakan istilah Gizi Seimbang yang lebih relevan.

Penerapanan Gizi Seimbang tentunya bertujuan untuk menjaga status gizi kita agar tetap dalam kondisi baik. Jika Gizi Seimbang tidak diterapkan, maka akan terjadi masalah gizi ganda. Masalah pertama yaitu Gizi Kurang yang disebabkan karena asupan gizi dibawah kebutuhan. Nah kondisi ini bakalan rentan sama penyakit dan infeksi. Masalah kedua yaitu sebaliknya, Gizi Lebih yang terjadi karena asupan gizinya melebihi kebutuhan / pola makannya padat energi (kalori). Untuk masalah Gizi Lebih, risikonya jangka panjang yaitu penyakit degeneratif seperti diabetes, penyakit jantung, dll.


Kamu gamau kaaan ada di salah satu masalah gizi tersebut? Yuk mulai sekarang diterapkan Gizi Seimbang nya! :)



Sumber : www.twitter.com/ILMAGI

No comments:

Post a Comment