Monday, January 28, 2013

Air Es Membuat Perut Menjadi Buncit



Air es membuat perut jadi buncit? Masa sih? Pertanyaan ini sangat sering dipertanyakan oleh banyak orang yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badannya. Banyak orang beranggapan bahwa lemak akan membeku apabila terkena air es.

Seoarang pakar fitnes dan diet, Denny Santoso (@dennysantoso) sering mengatakan kepada orang yang percaya bahwa air es membekukan lemak, adalah bahwa mereka tidak bisa membedakan kulkas dengan perut manusia.

Berikut ini uraian yang disampaikan olehnya :
Es batu, ditaruh di suhu ruangan saja dengan temperature 20˚C akan meleleh. Mana mungkin yang sebongkah es saja tidak mampu mempertahankan bentuknya sebagai es batu, malah bisa membuat zat lain membeku?

Pertanyaannya adalah, apakah ketika es/air dingin tersebut dimasukkan ke dalam perut manusia, dengan suhu 37˚C (jauh lebih panas daripada suhu ruangan) masih bisa membekukan lemak?

Kita lihat dari sudut pandang ilmiahnya, ketika kita minum air es dan setelah itu kita buang air kecil. Apakah urine kita tetap dingin atau berubah menjadi hangat? Tentu urine kita akan menjadi hangat kan, yang berarti tubuh akan menghangatkan air es/dingin yang masuk ke badan kita sebelumnya (bukan air es tersebut membekukan lemak di tubuh kita).

Sekarang kita sedikit bermain dengan logika sederhana:
      -     Air es misalnya kita anggap suhunya 0˚C.
      -     Suhu tubuh kita adalah 37˚C.
      -     Dibutuhkan 1 kalori untuk meningkatkan suhu 1 gram air sebesar 1˚C.
Misalnya kita meminum 400 ml air es dan badan kita harus meningkatkan suhunya dari 0˚C ke 37˚C, maka tubuh butuh membakar kalori sebesar 14800 kalori atau dalam satuan Kalori yang kita biasa kenal, kita membakar 14.8 kkal.

Kalau sehari kita minum 2000 ml air es, maka kita akan membakar sekitar 74 kkal. (kkal = 1000 kalori). Dalam 1 hari mungkin 74 kkal tidak akan kelihatan, tetapi dalam 1 bulan itu sudah berarti 2220 kkal.
Tentunya menurunkan berat badan tidak bisa hanya tergantung pada minum air es saja, tetap dibutuhkan diet yang sehat dan olahraga yang rutin. 

Anda sudah mengerti kan bahwa minum air es ternyata tidak menggemukkan, malah membantu membakar kalori! So Enjoy Your Ice Water :)


Sumber : http://id.she.yahoo.com/apakah-air-es-membuat-perut-menjadi-buncit-051929052.html

No comments:

Post a Comment