Friday, March 14, 2014

Perkembangan Komputasi Modern

Pembahasan kali ini mengenai Komputasi Modern. Apa itu komputasi modern? Bagaimana sejarah dan perkembangannya? serta Apa saja macamnya? cekidoooooot...




Definisi Komputasi Modern
Komputasi modern terdiri dari buah kata, yaitu komputasi dan modern. 
  • Komputasi merupakan cara yang digunakan di dalam menemukan suatu solusi dari data yg telah diinput dengan menggunakan algoritma. 
  • Modern merupakan sesuatu yang berhubungan dengan teknologi masa kini.
Sehingga Komputasi Modern merupakan perhitungan yang menggunakan computer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.

Komputasi modern ini berbeda dengan ilmu computer yang mengkaji komputasi computer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut. Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah yang ada, yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah:
  • Akurasi : yang berhubungan dengan bit dan floating point 
  • Kecepatan : dalam satuan hertz (processor tunggal, pipeline, parallel processing)
  • Problem volume besar : down sizing, parallel 
  • Modelling : NN, GA 
  • Kompleksitas : menggunakan teori big O

Sejarah Komputasi Modern
Kata  “komputer” pertama kali di perdengarkan kepada public pada tahun 1613, hal ini mengacu pada perhitungan aritmatika dan kata “komputer” digunakan dalam pengertian itu sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 dan seterusnya.Berkembanganya komputer akhirnya makna komputer menjadi sebuah mesin yang melakukan komputasi.
Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah- perhitungan otomatis dan dapat di program-tapi tidak ada satu perangkat pun yang dapat dikatakan sebagai komputer, karena sebagian penerapan yang tidak konsisten istilah tersebut. Contoh-contoh awal perangkat penghitung mekanis termasuk sempoa (yang berasal dari sekitar 150-100 SM).  Seorang pahlawan dari Alexandria (sekitar 10-70 AD) membangun sebuah teater mekanis yang diadakan bermain berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks dengan tali dan drum yang dipakai sebagai sarana untuk memutuskan bagian dari mekanisme. Ini adalah inti dari programmability.
Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern.Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer  yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.


Jenis-jenis Komputasi Modern
Komputasi Modern digolongkan ke dalam tiga macam :
  • Komputasi mobile (bergerak) merupakan teknologi komunikasi menggunakan jaringan tanpa kabel yang portable, namun halnya dengan komputasi nirkabel. Misalnya dalam penerapan GPS pada mobile.
  • Komputasi Grid merupakan teknologi yang menggunakan komputer terpisah oleh geografis, dihubungkan dan terdistibusi oleh jaringan dalam menyelesaikan masalah komputasi berskala besar.
  • Komputasi Cloud (awan) merupakan teknologi komputasi yang dinamis dengan sumber daya virtual yang menyediakan layanan melalui internet.


Referensi :

No comments:

Post a Comment